Management Information System (MIS)
A. Pengertian
Sistem informasi
manajemen (SIM) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal
suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan
prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya
produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen
dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis
sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi.
Secara
akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode
manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap
pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem
pakar, dan sistem informasi eksekutif.
B. Tujuan Umum
- Menyediakan informasi yang dipergunakan
di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang
diinginkan manajemen.
- Menyediakan informasi yang dipergunakan
dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan
berkelanjutan.
- Menyediakan informasi untuk pengambilan
keputusan.
- Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa
manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi
manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Informasi
akuntansi manajemen dapat membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah,
menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi
dibutuhkan dan dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk
perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan).
C. Proses
Manajemen
Proses manajemen didefinisikan sebagai
aktivitas-aktivitas:
Perencanaan, formulasi
terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen
yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan
tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut. Pengendalian,
perencanaan hanyalah setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat,
rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus
memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana
mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan
melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.
Pengambilan Keputusan, proses pemilihan di antara
berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi
manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer
harus memilih di antara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan
yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar
serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.
D. Bagian
SIM
merupakan kumpulan dari sistem informasi:
·
Sistem informasi akuntansi (accounting information
systems), menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
·
Sistem informasi akademik (academic information
systems), menyediakan informasi tentang proses pendidikan yang sedang berjalan
di suatu akademi/sekolah/perguruan.
·
Sistem informasi pemasaran (marketing information
systems), menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan,
kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain
sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
·
Sistem informasi manajemen persediaan (inventory
management information systems).
·
Sistem informasi personalia (personal information
systems).
·
Sistem informasi distribusi (distribution
information systems).
·
Sistem informasi pembelian (purchasing information
systems).
·
Sistem informasi kekayaan (treasury information
systems).
·
Sistem informasi analisis kredit (credit analysis
information systems).
·
Sistem informasi penelitian dan pengembangan
(research and development information systems).
·
Sistem informasi analisis software
·
Sistem informasi teknik (engineering information
systems).
·
Sistem informasi Rumah Sakit (Hospital information
systems).
Sumber
: http://en.wikipedia.org/wiki/Management_information_system
Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.
D. Bagian
SIM merupakan kumpulan dari sistem informasi:
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Management_information_system
Komentar
Posting Komentar